Menu Close

Bermain Sepak Bola Api

Games sepak bola api ini merupakan permainan tradisional khas Indonesia, yang biasanya dimainkan pada malam hari. Pertandingan ini dilakukan oleh dua tim dengan menggunakan adulador yang terbuat dari sabut kelapa yang dibakar. Untuk bolanya, dibuat dari bongkahan sabuk kelapa tua yang telah kering dengan lebih dahulu airnya dibuang.

Satu tim terdiri dari lima orang pemain dan lapangan yg digunakan juga tidak berbeda dengan luas lapangan bola basket. Bagi tim dalam banyak memasukkan bola ke gawang lawan maka tim tersebut yang dinyatakan sebagai pemenang dalam permainan. Terkadang, permainan sepak bola api bukanlah satu-satunya tradisi milik santri di Pesantren Babakan Ciwaringin, melainkan di daerah-daerah lain di Indonesia pun mempunyai tradisi yang sama.

Konon sebagian orang berpendapat, bahwa permainan ini sering dimainkan oleh para santri? Permainan ini memiliki syarat khusus (Ritual) sebelum memainkannya. Tetapi semua itu memiliki tujuan sama, agar tubuh pemain yang terkena online api tidak merasakan panas saat memainkannya. Bola Api [Sumber Gambar]Selain menyehatkan lantaran berolahraga, ternyata sepak bola api jua bisa dikatakan ramah kawasan.

Selanjutnya bongkahan tersebut direndam menggunakan minyak tanah. Tujuannya agar minyak meresap ke di dalam serat-serat bola kelapa ini. Aturan dalam permainan di sini. juga hampir sama serta tidak berbeda jauh dengan permainan sepak bola di umumnya, yaitu terdiri dri dua gawang.

Pasalnya, bola untuk menunjang olahraga ini berasal dari alam. Melansir laman Liputan6, bongkahan sabuk kepala tua yang telah kering jadi bahan dasar pembuatan bolanya. Lalu, setelah itu direndam di minyak tanah dengan waktu lama agar sewaktu dibakar nanti bisa hasilkan api. Dalam sepak adulador api, permainannya sendiri menggunakan peraturan layaknya soccer di umumnya. Tapi, pada umumnya saat memainkannya para player yang terlibat tidak memanfaatkan alas kaki.

Bahkan, di daerah tertentu, bola api dimainkan dengan anak-anak kecil. Namun, rata-rata menggunakan trik dan kecepatan kaki sehingga tidak panas dan tidak sampai terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *